Deretan Wisata Kuliner Klaten yang Wajib Dikunjungi

Rabu, 16 Maret 2022

Klaten merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya berada di antara Kota Jogja dan Solo, membuat daerah ini dijadikan sebagai daerah persinggahan untuk berwisata.

Klaten mempunyai beberapa objek wisata unggulan. Sebut saja seperti Candi Plaosan, Candi Prambanan, dan yang lainnya. Selain destinasi wisata, ternyata kuliner Klaten tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebelum membahas lebih lanjut, wisata kuliner di Klaten memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan kuliner Jawa. Misalnya, makanan tersebut mempunyai rasa yang manis dan kaya akan racikan rempah-rempah.

Berikut ini deretan wisata kuliner Klaten yang bisa dikunjungi saat berwisata ke daerah ini.

Soto Kering (Soto Garing)

Soto merupakan makanan berkuah yang digemari oleh banyak masyarakat. Lalu, bagaimana dengan Soto Kering? Dari namanya saja sudah terdengar cukup asing dan aneh di telinga. Soto Kering merupakan salah satu wisata kuliner Klaten yang memiliki keunikan tersendiri. Meski namanya Soto Kering, namun makanan ini tetap disajikan seperti soto pada umumnya.

Wisata kuliner Klaten ini dapat ditemui di Watung Soto Bu Yati yang berlokasi di Desa Sabang, Kec. Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. Soto Kering disajikan dengan nasi yang diatasnya ditaburi oleh berbagai macam sayuran, seperti kubis, kecambah, daun seledri, dan juga irisan daging ayam.

Ayam Panggang Khas Klaten

Wisata kuliner Klaten yang kedua adalah Ayam Panggang Khas Klaten. Berbeda dengan ayam panggang lainnya, Ayam Panggang Khas Klaten dibuat dengan bahan dasar daging ayam kampung.

Kuliner ini dapat ditemukan di Ayam Panggang Mbah Dinem yang terletak di Jl. Andalas No. 13 Klaten Tengah. Ayam panggang yang disajikan di tempat ini diolah dengan higeinis sehingga kebersihannya pun tetap terjaga.

Jenang Gempol

Jenang Gempol adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Klaten yang sekarang mulai sulit untuk dijumpai. Dengan demikian, kuliner ini dapat ditemukan di Jenang Gempol Bu Yanti yang berlokasi di depan Puskesmas Klaten Tengah, Desa Pandanrejo, Klaten Tengah.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah gempol, jenang, mutiara, dan santan sebagai kuah. Kuliner ini kerap dimakan sebagai sarapan di pagi hari.

Jika dalam waktu dekat ini kalian ingin berkunjung ke Klaten jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner diatas. Berwisata kuliner memang sangat seru dan menyenangkan, apalagi bisa mencicipi berbagai macam makanan khas daerah yang pastinya sangat ingin mencobanya. Namun ada juga hal seru lainnya yaitu bermain slot. Permainan slot bisa dilakukan ketika kita sedang berwisata kuliner dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.