Inilah 3 Olahan Mie Tradisional Korea Selain Ramyeon

Selasa, 17 Mei 2022

Pecinta drama Korea (drakor) di Tanah Air biasanya sudah tak asing lagi dengan Ramyeon, makanan yang berasal dari Korea Selatan (Korsel). Olahan mie instan ini menjadi salah satu kuliner yang sangat digemari tidak hanya oleh penduduk Korsel, namun juga oleh para masyarakat internasional.

Meskipun terlihat sangat menggoda, ada sebagian penikmat ramyeon yang merasa bosan dengan tekstur mie yang keriting. Mengutip Taste Atlas, ada beberapa bahan olahan mie tradisional Korsel yang bisa kamu coba sebagai pengganti ramyeon, berikut daftarnya.

Jjampong

Bagi kamu pecinta seafood dan makanan pedas direkomendasikan untuk mencicipi jjampong. Jjampong merupakan mie berkuah pedas yang disajikan dengan aneka ragam sayuran dan seafood lengkap, mulai dari kerang, udang, hingga gurita. Di Korea, popularitas jjamppong selalu bersaing dengan popularitas jajangmyeon.

Tak ayal, seringkali ada scene atau adegan dalam drakor yang menunjukkan para pemain harus memilih antara jjampong atau jajangmyeon. Jika kamu ingin makan jjampong, maka luangkan waktu sejenak untuk mengunjungi restoran Korea terdekat atau memesannya secara online.

Japchae

Japchae adalah salah satu hidangan Korsel yang terdiri dari mie kaca atau mie yang terbuat dari jagung dan juga sayuran. Secara keseluruhan, mie khas Korea ini mirip dengan soun tumis yang berada di Indonesia. Bedanya, japchae dihidangkan dengan daging sapi dan sayuran lima warna, yaitu bayam, jamur, wortel, serta telur goreng.

Dulunya, japchae merupakan makanan khusus kerajaan yang ditemukan oleh pelayan Raja Gwanghaegun di abad ke-17. Saat ini japchae seringkali disajikan sebagai salah satu hidangan wajib selama Tahun Baru dan Festival Panen di Korsel. Kamu pun bisa menikmati olahan mie yang terbuat dari ubi ini dengan mengunjungi restoran Korea terdekat atau membelinya lewat online shop.

Jajangmyeon

Banyak orang mengaku heran ketika mereka pertama kali melihat jajangmyeon. Hal ini dikarenakan jajangmyeon memiliki saus hitam yang sangat pekat yang terlihat seperti tinta. Bukan terbuat dari tinta sungguhan, saus pekat jajangmyeon didapat dari olahan kacang hitam yang dilengkapi dengan isian daging dan taburan bawang bombai yang sangat menggugah selera.

Jika ditelusuri lebih jauh, jajangmyeon sebenarnya bukan makanan yang berasal dari Korsel. Makanan ini dulunya merupakan bekal makanan para imigran Tiongkok yang menetap sedang di Incheon, salah satu kota di Korea Selatan.

Inilah olahan mie tradisional Korea yang bisa kamu cicipi selain Ramyeon, bisa mencicipi berbagai macam mie tradisional Korea Selatan merupakan hal yang sangat menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain game slot. Bermain game slot memang terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.