Inilah Takjil Khas Betawi yang Sudah Mulai Langka

Jum’at, 10 Juni 2022

Takjil identik dengan sajian rasa yang manis dan juga rasa segar seperti kolak, es buah, dan es campur. Tapi, terdapat sejumlah takjil khas Betawi yang sekarang semakin langka. Bertolak belakang dengan suatu kepopuleran, acara Seri Gastronomi: Kelir Betawi yang diselenggarakan oleh Aksara Pangan.

Aksara Pangan bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada membahas seputar takjil Betawi yang tidak populer. Maharani, narasumber yang hadir sebagai praktisi kuliner dan dewan Persatuan Wanita Betawi menceritakan ada tiga menu buka puasa khas Betawi yang sudah tidak populer.

Bubur Jali-Jali

Menurut Maharani, bubur jali-jali bisa dijadikan suatu solusi untuk mengganti beras sebagai sebuah hidangan utama. Selain itu, bubur ini juga bisa dijadikan takjil dan juga mindo. Mindo adalah istilah Betawi yang diserap dari bahasa Jawa.

Mindo yaitu makan dalam waktu senggang setelah makan-makanan yang lain. Jali-jali adalah salah satu tanaman Asia yang sejenis dengan padi-padian yang cara pengolahannya tidak jauh berbeda dari bubur kacang hijau.

Stup Tape

Nama stup bermula dari bahasa Belanda yaitu stoof. Stup dibuat pada kompor dengan api yang kecil dan tidak memakan waktu yang lama. Selain tape, stup khas Betawi ini juga dapat dibuat dari pisang, talas, ubi, dan singkong. Awalnya stup hanya menggunakan tape dan juga gula pasir saja.

Tapi, para wanita Betawi memiliki insiatif untuk menambah rasa gurih dalam hidangan ini. Oleh karena itu, pembuatan stup tape kemudian ditambah santan dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkih, daun jeruk purut dan daun pandan.

Bubur Ase

Bubur ase adalah salah satu menu Betawi yang hampir langka. Menurut Maharani, bubur ase bisa disajikan sebagai menu makan pagi, malam, atau mindo. Bubur ase berbeda dari bubur-bubur pada umumnya. Bubur ini merupakan sebuah campuran dari bubur yang disiram dengan kuah ase dan disiram dengan asinan sebagai topping bubur.

Itulah takjil khas Betawi yang sudah mulai langka untuk ditemukan. Menikmati makanan khas Betawi memanglah terasa menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.