Kuliner Khas Jambi yang Sayang Untuk Dilewatkan

Senin, 21 Maret 2022

Menikmati makanan khas Jambi menjadi sesuatu yang sangat disayangkan untuk dilewatkan ketika mengunjungi provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini. Dikenal dengan motto “Tanah Pilih Pesako Betuah”, Jambi memiliki segudang kuliner spesial yang siap memanjakan lidah kamu yang sedang berkunjung.

Jambi terkenal dengan iklim tropis dan kaya akan sumber daya alam serta keanekaragaman hayatinya. Akan tetapi, Jambi juga sangat rentan akan perubahan iklim, seperti kenaikan temperatur, perubahan intensitas dan periode hujan, kenaikan muka air laut dan pergeseran musim hujan atau kemarau.

Dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut ini adalah beberapa makanan khas Jambi yang layak untuk dicoba ketika sedang berkunjung kesana.

Gulai Tepek Ikan

Hidangan ini adalah hasil dari perpaduan antara sagu tani dan ikan gabus atau ikan tenggiri yang rebus lalu digulai. Berdasarkan buku “Kuliner Khas Jambi, Sedap Nian Oi” yang ditulis oleh Rini Febriani Hauri, nama gulai ikan tepek digunakan karena makanan ini dibuat dengan cara dipipihkan atau tepek dalam bahasa Jambi.

Gulai Tepek Ikan merupakan salah satu masakan yang berasal dari Kota Seberang, Jambi. Makanan ini hanya disajikan pada waktu-waktu tertentu saja, misalnya seperti pernikahan, kenduri, acara adat, atau acara penyambutan tamu. Jadi, makanan ini tidak dijual bebas di warung-warung makan.

Kue Padamaran

Kue tradisional ini terbuat dari bahan baku santan dan tepung berasa. Mirip dengan bubur sumsum, kue ini mempunyai cita rasa gurih dengan teksturnya yang lembut. Hanya saja, yang membedakan Kue Padamaran dengan bubur sumsum terletak pada penggunaan kinca gula merahnya.

Kinca gula merah pada Kue Padamaran tidak hanya digunakan untuk bagian atas kue, tetapi juga pada bagian dasarnya. Sementara itu, warna hijau Kue Padamaran berasal dari air suji.

Tempoyak

Makanan khas Jambi yang satu ini berasal dari fermentasi durian yang biasanya disajikan bersama dengan nasi putih. Selain itu, Tempoyak kadang dijadikan sebagai bumbu masakan, seperti ditambahkan ke dalam sambal atau gulai, untuk membuat masakan ini menjadi lebih lezat.

Masakan bercita rasa asam manis dengan tekstur daging buah yang lembek ini tidak hanya dikenal di sekitaran Jambi saja. Di luar pulau, seperti Kalimantan, Tempoyak banyak dijajakan, khususnya saat musim durian telah tiba.

Bisa berwisata kuliner dan menikmati masakan khas Jambi memanglah menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot bisa dilakukan ketika sedang berwisata kuliner dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.