Kuliner Khas Tulungagung Dengan Cita Rasa Unik

Kamis, 24 Maret 2022

Wisata kuliner di Tulungagung, Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Setiap kota dan kabupaten di kawasan ini memiliki makanan khasnya tersendiri, terutama di Kabupaten Tulungagung. Makanan khas Tulungagung cukup beragam, mulai dari jajanan pasar sampai olahan kuliner tradisional Jawa yang bisa menggugah selera makan kamu.

Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini, mempunyai beberapa objek wisata unggulan seperti Pantai Sine, Pantai Popoh, Candi Dadi, dan lain sebagainya. Objek-objek wisata tersebut dapat menjadi pilihan alternatif, saat para pelancong mampir untuk berlibur sambil menikmati makanan khas Tulungagung. Mengutip dari buku Tulungagung dalam Rasa serta dari sumber lainnya, berikut ini adalah daftar makanan khas Tulungagung yang wajib dicicipi.

Kerupuk Kulit Rambak

Kerupuk kulit memang identik sebagai salah satu oleh-oleh, yang bisa ditemukan cukup mudah di Kab. Tulungagung. Wisatawan bisa membeli makanan khas Tulungagung ini di sejumlah kios yang menjual olahan ini yang berada di pinggir jalan. Rambak adalah makanan khas Tulungagung yang dibuat dengan bahan dasar kerbau dan kulit sapi.

Di Tulungagung terdapat dua jenis Rambak. Yang pertama adalah rambak dari kulit sapi dengan warna yang cerah. Sedangkan yang kedua, merupakan Rambak yang terbuat dari kulit kerbau. Makanan khas Tulungagung ini menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner yang wajib untuk kamu cicipi.

Kerupuk Gadung

Masih dari kuliner kerupuk, makanan khas Tulungagung yang wajib dicicipi selanjutnya adalah Kerupuk Gadung. Kerupuk Gadung merupakan kerupuk yang diolah dari bahan dasarnya menggunakan gadung. Salah satu jenis umbi-umbian yang mudah ditemukan di Pulau Jawa.

Makanan khas Tulungagung ini dapat ditemukan di Kec. Kalidawir. Keunikan dari Kerupuk Gadung yaitu dari proses pembuatannya. Dimana untuk mengolahnya, Kerupuk Gadung harus melalui fase pemeraman menggunakan abu yang bertujuan untuk menghilangkan getahnya.

Gembrot

Gembrot adalah makanan khas Tulungagung yang sangat unik. Terbuat dari dedaunan hijau seperti sambiloto, jantung pisang, semangi, dan sebagainya, yang dicampur dengan parutan kelapa muda serta bumbu. Makanan ini akan dibungkus daun pisang lalu dikukus. Beberapa penjual kerap menambahkan ikan, teri, tempe, dan yang lainnya.

Bisa menikmati kuliner khas Tulungagung memang sangatlah menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot bisa dilakukan ketika sedang melakukan wisata kuliner dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.