Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Banget Dicoba!!!

Senin, 14 Maret 2022

Makanan khas Jawa dikenal “Ramah” di lidah masyarakat dan akan buat siapa saja jatuh cinta dengan kelezatannya. Mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, semua punya makanan spesialnya masing-masing dan sangat enak.

Maka dari itu, banyak pelaku bisnis yang ingin menjadikan makanan khas Jawa untuk membuka lahan bisnis kuliner. Tidak heran, karena bisnis kuliner memegang peranan besar dan makan juga merupakan kebutuhan dari setiap manusia.

Jadi, jika kalian ingin mencoba makanan khas Yogyakarta berikut ini adalah rekomendasinya.

Mie Lethek

Makanan Khas Jawa ini tepatnya berada di Bantul, Yogyakarta biasanya dinamakan Mie “Kotor”, karena bentuknya yang berantakan. Tapi jangan salah, walaupun begitu, rasanya sangat lezat dan sangat menggugah selera makan. berbahan singkong dan tepung tapioka, mie ini mempunyai tekstur lembut dan bisa diolah menjadi mie goreng, rebus atau dijadikan olahan bersama nasi juga sangat cocok.

Agar lebih nikmat, kalian bisa menambahkan topping di dalamnya seperti telur, daging ayam ditambah sayuran segar yaitu loncang, seledri, dan wortel. Yang lebih menarik lagi, kalau kamu menambahkan menu Mie Lethek level pedas yang bisa dipilih konsumen sesuai selera masing-masing.

Gudeg

Gudeg menjadi makanan khas Jawa yang juga sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Menu ini sudah menjadi makanan favorit masyarakat Yogya sejak tahun 1965. Makanan ikonik ini punya tiga jenis Gudeg, yaitu Gudeg Basah, Gudeg Maggar dan Gudeg Kering.

Gudeg Kering mungkin bisa dicoba sebagai lahan bisnis kuliner baru. Kalian bisa mendapatkan pelanggan orang-orang yang merindukan makanan daerah Yogyakarta ini tetapi sulit mendapatkannya karena tinggal di luar kota atau negeri.

Kopi Joss

Setelah membahas makanan khas Jawa, sepertinya kurang lengkap jika tidak memasukkan minuman ikonik, salah satunya yaitu Kopi Joss asli Yogyakarta. Uniknya, kopi ini tidak hanya dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, tetapi mancanegara juga.

Kalau di luar negeri, Kopi Joss biasa disebut The Charcoal Coffee. Penyajian kopi ini memang nyentrik dan menarik dari kopi lainnya, dimana para penjual Kopi Joss biasanya menggunakan ketel atau teko besar sebagai wadah dan memasaknya menggunakan arang.

Tidak hanya itu, ciri khas lainnya adalah saat disajikan pada pelanggan, arang akan dicelupkan ke dalam gelas kopi yang akan diminum.

Menarik bukan? Itulah makanan dan minuman yang dicoba jika ingin berkunjung ke Yogyakarta dalam waktu dekat ini. Liburan sambil berwisata kuliner memang sangat menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan hal lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot sambil menikmati liburan pasti sangat seru dan jika memang menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.